ATTENTION

This blog is created to fulfill the task of the subjects of Information Technology and Communication Hope can be useful:) Thank you

Widget-2 title

Widget-3 title

Langkah Penggunaan Microsoft Excel

CARA MENGOPERASIKAN MICROSOFT EXCEL

DEFINISI

Microsoft Excel (Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang bisa digunakan untuk membuat tabel dan menyajikan data dalam bentuk grafik. Excel dapat mengolah data (biasanya numerik) walalupun datanya dalam skala besar (tetapi tidak terlalu besar, untuk data yang "super besar" Microsoft punya andalan lain yakni Microsoft SQL Server 2005.

Karena Excel tergabung dengan Microsoft Office, maka sebagian perintah maupun shortcut yang ada di Microsoft Word juga dapat digunakan di Excel. Pada Excel, dalam satu file bisa menampung lebih dari satu lembar kerja. Itulah sebabnya Excel juga dapat dinamakan workbook. Satu sheet Excel terdiri atas 256 kolom (A … IV). Perpotongan antara sebuah kolom dengan sebuah baris dinamakan dengan cell (sel). Letak cell yang sedang aktif ditandai dengan sebuah kotak segi empat berwarna hitam yang dinamakan dengan pointer cell (sel penunjuk).

Penggunaan dasar yang akan dicapai dalam mempelajari Microsoft Excel ini adalah :
  • Pengolahan data-data secara sederhana dalam lembar kerja
  • Penggunaan fungsi-fungsi standar (built in) yang ada dalam Excel
  • Pemformatan lembar kerja
  • Penggunaan fungsi string
  • Penggunaan fungsi logika
  • Penggunaan fungsi pembacaan tabel
  • Pembuatan grafik
  • Pengurutan dan subtotal.

Untuk menggunakan Excel, maka harus jalankan Excelnya dulu. Lembar kerja Excel akan terlihat seperti dibawah ini :


MEMULAI EXCEL 2000

Excel baru dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Excel 2000 sebagai berikut ;
1. Aktifkan komputer terlebih dahulu.
2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
3. Muncul sejumlah menu, pilih Program.
4. Klik Microsoft Excel
5. Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang masih kosong (lihat gambar).
6. Excel siap untuk digunakan.

Gambar Tampilan Depan Monitor



JENDELA EXCEL 2000
Setelah Excel diaktifkan, maka akan tampil lembar kerja yang masih kosong dengan nama Book1, seperti berikut ;

 
Gambar Workbook Microsoft Excel

Jumlah sheet yang ditampilkan pada file baru (new file) dapat diatur melalui menu Tools -> Options -> Tab General -> Sheet in new books (isi sesuai kebutuhan). Ada beberapa operasi yang dapat dilakukan terhadap sheet dalam book. Yaitu, mengganti nama sheet, menghapus sheet, menyisipkan sheet, atau memindahkan sheet. Semuanya dapat dilakukan dengan melakukan klik kanan (right click) terhadap sheet yang bersangkutan.


LEMBAR KERJA

Untuk menjelajah lembar kerja (sheet), pindahkan sel pointer dengan menggunakan tombol-tombol berikut :

 : ke atas satu cell
 : ke bawah satu cell
 : ke kiri satu cell
 : ke kanan satu cell


PageUp : satu layar ke atas
PageDown : satu layar ke bawah
Ctrl + Home : ke sel A1
Ctrl + PageUp : ke sheet sebelumnya
Ctrl + PageDown : ke sheet berikutnya
F5 : ke cell tertentu

Selain tombol-tombol keyboard di atas, juga dapat menggunakan mouse. Caranya, klik cell yang ingin dituju.


DATA DI DALAM EXCEL

Data di dalam Excel dapat dibedakan menjadi dua, adalah: 
  • Data biasa (tidak akan dimanipulasi). Data biasa dimasukkan ke dalam lembar kerja tanpa diawali dengan apapun
  •  Data rumus (formula yang menggunakan fungsi). Data rumus harus dimulai dengan = (sama dengan).


Contoh memasukkan data :


Cell B4 merupakan contoh pemasukan rumus ke dalam lembar kerja. Selain rumus, juga bisa menggunakan fungsi-fungsi bawaan (built in) yang disediakan Excel. Beberapa fungsi statistik yang sering digunakan antara lain :

=SUM (range) : menjumlahkan. Bisa juga menggunakan icon AutoSum ( Σ )
=AVARAGE (range) : mencari nilai rata-rata
=MAX (range) : mencari nilai tertinggi
=MIN (range) : mencari nilai terendah
=COUNT (range) : menghitung cacah data (jumlah record)

Pembagian data dalam Excel juga dapat dibedakan atas : 
  • Data relatif, merupakan data yang akan berubah alamat cell-nya apabila di copy-kan 
  • Data absolut, merupakan data yang alamat cell-nya tetap apabila di copy-kan.

Contoh :

=A1 + $B1      : cell A relatif, sedangkan sel B1 absolut pada kolom B.
=C$2 * $D$3 : cell C2 absolut pada baris 2, sel D3 absolut pada kolom D dan baris 3.


MENGKOREKSI

Apabila dalam memasukan data terdapat kesalahan-kesalahan, dapat dilakukan koreksi (edit). Perbaikan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut : 
  • Menghapus ketikan yang salah dengan menekan tombol Del atau Delete. Ketikan yang salah itu bisa berupa 1 sel aja atau kumpulan dari beberapa cell (blok range). 
  • Menimpa (over write) sel yang salah dengan data yang benar. 
  • Mengedit isi sel dengan tombol F2 atau Klik isi sel pada Formula Bar. 
  • Jika error berlanjut, lihat help pada Excel.


OTOMATISASI

Kadang kita melakukan pekerjaan yang rutin terhadap lembar kerja, misalnya memberikan nomor 1 s/d 1000 atau mencetak deret genap (2, 4, 6, 8, …) atau mencetak nama hari (senin, selasa, rabu, …) atau mencetak bulan (januari, februari, …, desember). Maka kesemuanya itu menggunakan pola. Excel menyediakan suatu formula guna mewujudkan fungsi otomatisasi. Caranya : Klik Edit -> Fill -> Series.

Gambar Series Pada Excel


Impelentasi series ini juga dapat menggunakan bantuan Mouse (drag dan drop mouse) dan kadang membutuhkan kombinasi Mouse + CTRL


MEMFORMAT LEMBAR KERJA

Agar lembar kerja terlihatan lebih cantik, menu yang digunakan untuk mempercantik lembar kerja adalah Format -> Cell (CTRL+1)

Gambar Format Cell Pada Excel

Adapun fungsi dari masing-masing tab adalah sebagai berikut : 
  • Number, digunakan untuk memformat data numerik
  • Alignment, digunakan untuk mengatur posisi teks dalam sel, baik horizontal maupun vertikal, orientasi teks, maupun penggabungan beberapa sel (merge cells)
  • Font, digunakan untuk menentukan jenis huruf, ukuran, style, warna pada teks
  • Border, digunakan untuk membuat bingkai/garis pada tabel
  • Patterns, digunakan untuk memberikan warna latar belakang, atau arsiran pada cell
  • Protection, digunakan untuk melindungi cell dari pengeditan.


FUNGSI STRING

Fungsi string adalah fungsi untuk melakukan manipulasi data karakter/string. String sendiri merupakan kumpulan karakter, angka, kombinasi huruf & angka. Misalnya, ditemukan string : 2009-03-888 dimana setiap string mempunyai makna : 2009 (tahun masuk), 03 (kode kelas) dan 888 (nomor urut siswa). Disini kita akan memanipulasi string sesuai kebutuhan.

Adapun fungsi string yang dikenal dalam Excel adalah : 
  • LEFT (string;n) : Digunakan untuk mengambil n karakter dari sebelah kiri string 
  • RIGHT (string;n) : Digunakan untuk mengambil n karakter dari sebelah kiri string 
  • MID (string;m;n) : Digunakan untuk mengambil karakter mulai dari posisi ke-m sebanyak n karakter.


FUNGSI LOGIKA

Fungsi logika adalah fungsi yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan yang mengandung pilihan/syarat. Bentuk penulisan (sintaks) dari fungsi logika adalah sebagai berikut :

= IF (kondisi, pilihan1, pilihan2)

Dimana : 
  • Kondisi, setiap ekspresi yang akan diseleksi oleh komputer. Setiap kondisi harus memiliki 1 buah operator relasional. Operator relasional yang dapat digunakan antara lain =, <, <=, =>, >, <>
  • Pilihan1, yang dikerjakan oleh Excel bila kondisi terpenuhi bernilai benar/true 
  • Pilihan2, yang dikerjakan oleh Excel bila kondisi tidak terpenuhi/false.

Catatan :

Jumlah IF = Jumlah Kondisi-1


OPERATOR LOGIKA

Kita juga dapat menyertakan operator logika dalam penulisan kondisi. Adapun operator logika yang biasa digunakan adalah sebagai berikut : 
  • NOT : digunakan untuk membalikkan nilai kondisi. sintaks : NOT (kondisi) 
  • AND : digunakan untuk operasi konjungsi. sintaks : AND (kondisi1; kondisi2) 
  • OR : digunakan untuk operasi disfungsi. sintaks : OR (kondisi1; kondisi2)


FUNGSI PEMBACAAN TABEL (LOOK-UP)

Tabel merupakan alternatif lain dalam memecahkan masalah-masalah yang mengandung syarat/kondisi dalam Excel, disamping fungsi logika tentunya. Kelebihan dari fungsi pembacaan tabel adalah dapat dimasukan syarat dan pilihan dalam jumlah yang banyak. Adapun langkah-langkah di dalam menggunakan fungsi pembacaan tabel adalah :

1. Susun tabel yang akan dibaca (tabel lookup). Tabel lookup dapat diletakkan pada sheet yang sama dengan tabel utama, atau terpisah di sheet yang lain.
2. Setelah itu, berikan nama untuk tabel lookup. Perintahnya Insert–Name–Define.
3. Gunakan fungsi pembacaan tabel di bawah ini untuk melakukan pengisian :
  • VLOOK-UP : digunakan untuk membaca  tabel look-up dengan susunan data perkolom. Sintak VLOOK-UP (cell_pembaca; tabel_look-up; nomor_kolom; true/false).
  • HLOOK-UP : digunakan untuk membaca tabel look-up dengan susunan data per baris. Sintak HLOOK-UP (cell_pembaca; tabel_look-up; nomor_baris; true/false).

GRAFIK

Grafik merupakan bentuk penyajian lain dari data sehingga akan mudah dimengerti ketika seseorang menganalisa suatu data. Selain dalam bentuk tabel, laporan juga dapat disajikan dalam bentuk grafik. Grafik pada Excel dapat disajikan dalam banyak bentuk dengan sudut elevasi dan perputaran yang dapat di atur sesuai kebutuhan.

Disamping itu, langkah-langkah di dalam pembuatan grafik sudah disediakan Excel dalam 4 langkah Wizard. Cara mengaktifkannya wizard tersebut adalah dengan cara meng-klik icon Chart atau klik menu Insert – Chart.

Contoh, Ketiklah tabel berikut dan simpan dengan nama anda sendiri.



Gambar Grafik Dari Data Tabel


PENGURUTAN DATA

Ini adalah cara belajar analisa algoritma, disana akan ditemukan banyak sekali algoritma untuk melakukan pengurutan data (sorting). Excel memberikan sekali kemudahan dalam pengurutan data. Pengurutan data merupakan penyusunan data berdasarkan kunci tertentu secara menaik (A – Z, 0 – 9) atau Ascending. Dan dapat pula secara menurun (Z – A, 9 -0) atau Descending.

Untuk mengurutkan data secara cepat, klik Icon (A-Z panah ke bawah) untuk melakukan pengurutan data secara menaik (ascending) dan klik Icon (A-Z panah ke bawah) untuk melakukan pengurutan data secara menurun (descending). Cara lainnya adalah dengan menggunakan menu yakni Data – Sort.


Gambar Dialog Sorting



SUB TOTAL

Perhitungan subtotal pada suatu tabel yang telah diurutkan (sorted) dapat dilakukan dengan mudah di dalam Microsoft Excel dengan fasilitas SubTotals. Perintah yang dijalankan untuk perhitungan subtotal adalah dengan menu Data - SubTotals.



Keterangan : 
  • At each change in : kolom yang akan dijadikan dasar perhitungan subtotal (kolom yang menjadi kunci pengurutan). 
  • Use Function : merupakan fungsi yang digunakan dalam perhitungan subtotal, misalnya SUM untuk menjumlahkan. 
  • Add subtotal to : hitung subtotal untuk kolom yang diberi tanda checklist. 
  • Replace Current Subtotals : ganti subtotal yang telah ada. 
  • Page Break Between Group : pisahkan halaman antar grup yang berbeda. 
  • Summary Bellow Data : hitung grand total di bawah tabel yang di subtotal. 
  • Remove All : Menghapus seluruh perhitungan subtotal yang telah ada.

Categories: