ATTENTION

This blog is created to fulfill the task of the subjects of Information Technology and Communication Hope can be useful:) Thank you

Widget-2 title

Widget-3 title

Langkah – Langkah Membuat Blog

Langkah – Langkah Membuat Blog

oleh FH

Beberapa hari yang lalu kami menemukan fakta bahwa jumlah populasi blog di Indonesia semakin hari – semakin meningkat. Maka dari itu, kami rasa panduan untuk membuat blog yang sistematis akan diperlukan. Post kali ini akan berbicara mengenai langkah – langkah membuat blog. dari perencanaan, hingga mempublish content secara garis besarnya. untuk langkah – langkah tertentu yang lebih detail, akan kami publish dalam post terpisah. Ok then, here we go now :
Saya ingin membuat blog! Apa yang harus saya lakukan?

Tentukan konsep Blog Anda

Banyak orang, ketika hendak membuat blog grasa – grusu langsung membuat account di penyedia jasa blog. Mereka mulai ngeblog, ngeblog dan ngeblog. seiring dengan waktu, ketika gaya ngeblog mereka mulai muncul, mereka mulai menemukan ‘ada yang salah’ dengan blog mereka. entah nama domainnya yang kurang cocok, entah gaya menulis yang kurang cocok, dan lain – lain. Maka dari itu, saran kami lakukan langkah pertama ini dengan baik : Tentukan konsep blog anda, agar kedepannya anda akan nyaman. Saran kami, ambil selembar kertas A4 dan tuliskan konsep anda akan blog yang hendak anda buat. Adapun hal – hal yang perlu di tentukan dalam peng – konsepan blog adalah :

Tujuan blog anda

Apa tujuan anda ngeblog? Hobi? menyalurkan pemikiran yang terpendam? mencari kenalan baru? meraih pendapatan? personal branding? memanfaatkan waktu yang ada? tempat mengekspresikan perasaan anda? menyalurkan hobi menulis anda? bisnis? memperlihatkan porto folio anda? tools untuk mempromosikan keahlian anda? Apapun tujuan anda, tentukan dari awal, agar kedepannya anda akan lebih mudah merawat blog anda. Menentukan tujuan blog akan memudahkan anda untuk menentukan banyak hal, seperti jenis blog yang akan anda publish, design blog yang cocok untuk blog anda, dan banyak hal yang lain.

Jenis blog yang akan anda buat

Setelah tujuan ditemukan , anda akan mengetahui jenis blog seperti apa yang akan anda bangun, dan apa niche blog anda. ada blog humor, build for adsense, personal blog, online journal, dsb. Lebih jelas tentang jenis – jenis blog, silahkan baca post ini.

Tentukan hal – hal yang hendak anda tampilkan dalam blog anda

Hal hal ini meliputi :
  1. Fitur – fitur yan hendak anda tampilkan.
  2. Widget – widget yang hendak anda pasang di sidebar anda. ( lebih dalam tentang widget, buka post ini )
  3. Design seperti apa yang anda ingin kan
Untuk langkah ini, tips sederhana dari kami : coba anda melihat beberapa blog, lalu lihat apa saja yang blog tersebut tampilkan dan yang mana yang ingin anda tampilkan juga pada blog anda. Jika anda melakukan langkah ini dengan baik, selanjutnya anda tinggal mencari plugin atau widget apa yang anda butuhkan untuk membuat blog anda sesuai dengan apa yang anda inginkan dan memasangnya pada blog anda.

Menentukan domain.

Setelah anda menentukan tujuan, jenis blog dan hal – hal yang hendak anda tampilkan dalam blog, sekarang anda bisa menentukan nama domain anda. sederhanya, ada dua jenis domain yang dapat anda gunakan :

domain gratis yang berada di bawah domain penyedia jasa blog gratis
. contohnya : http;//fikrirasyid.wordpress.com, http://fikrirasyid.blogspot.com, http://azrl.wordpress.com, dsb.
keuntungannya : gratis, dan tidak repot mengurusnya.
kekurangannya : terlihat kurang profesional untuk keperluan bisnis, dan eksistensi domain anda bergantung pada penyedia jasa blog itu sendiri.

domain berbayar dengan nama domain anda sendiri.
contohnya : http://bloggingly.com, http://navinot.com, http://think.web.id, dsb.
keuntungannya : kesan yang ditampilkan lebih meyakinkan, terutama untuk kebutuhan branding.
kekurangannya : berbayar, dan butuh sedikti pengorbanan waktu dan perhatian untuk mengelolanya.
Perhatian! sediakan juga beberapa alternative nama domain, untuk berjaga – jaga siapa tahu nama blog yang anda inginkan sudah digunakan atau tidak tersedia.
Hasil dari penentuan nama domain ini berujung pada dua hal :
  1. anda menggunakan blog gratis, atau
  2. meng-host blog anda sendiri ( istilah kerennya stand-alone blog atau self hosted blog )
Untuk yang menggunakan blog gratis, langkah selanjutnya adalah :
  1. Masuk ke situs penyedia jasa blog. ( Blogger, wordpress, LiveJournal, dsb. untuk perbandingan layanan blog, anda bisa baca post tentang perbandingan layanan blog gratis )
  2. Sign Up, atau register
  3. Memahami seluk beluk dan fitur platform blog yang anda gunakan
  4. Men set up tampilan dan fitur blog anda sesuai dengan konsep yang telah anda buat
  5. Tulis dan publish content!
Yup, that’s it !
Untuk yang menentukan untuk menghost blog anda sendiri menggunakan domain berbayar, penjelasannya cukup dalam hingga kami publish dalam post yang berbeda. silahkan buka halaman ini untuk panduan membuat blog ( menggunakan wordpress ) dengan domain sendiri.
Anyway, satu hal yang perlu sangat anda perhatikan disini: Tidak mungkin blog anda sempurna pada langkah pertama. meskipun anda melakukan langkah ini dengan sempurna, kedepannya akan selalu ada bagian – bagian yang ingin anda tingkatkan dan hilangkan dari blog anda. Dengan melakukan langkah ini, setidaknya tindakan “rombak – merombak” anda akan lebih efisien dan terarah nantinya.

Categories: